Tampil Pada Halaman Awal Google Dengan Teknik SEO

halaman awal google
Halaman Awal Google dengan SEO

Halaman awal google adalah target utama para blogger agar blog mereka dapat dikenal dan mendapatkan banyak pengunjung secara organik. Namun untuk tampil pada halaman awal google tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karna itu teknik SEO harus dikuasai agar blog dapat tampil pada halaman awal google.

Banyak yang kesulitan dalam mempelajari teknik SEO ini, namun sebenarnya teknik SEO ini harus dipahami dahulu dasarnya barulah dapat menerapkannya pada blog. Untuk mempelajari teknik SEO sekarang sudah marak dimana-mana hingga ada kursus untuk mempelajari teknik SEO ini. Namun anda sebenarnya bisa mempelajarinya teknik ini secara OTODIDAK, hanya perlu niat yang sungguh-sungguh untuk belajar maka anda pasti akan bisa menguasai teknik SEO ini.

Mempelajari teknik SEO secara otodidak, berarti anda harus mulai banyak-banyak browsing mengenai SEO. Untuk pengertian SEO sendiri dari kesimpulan saya adalah cara mengoptimalkan kata kunci yang ada pada artikel kita hingga akhirnya artikel kita dapat tampil pada halaman awal google.

Saya sendiri juga menggunakan teknik SEO dalam membuat artikel dan juga mempelajari secara otodidak. Saya akan berbagi tips dan trik membuat artikel menggunakan teknik SEO agar dapat menampilkan blog anda pada halaman awal google.

1. SEO on Page

Dengan menggunakan teknik ini memuat google merayapi semua isi pada artikel kita dan mencari kata kunci yang terdapat pada setiap paragraf yang ada. Penyisipan kata kunci yang tepat akan diperhitungkan oleh algoritma google dan dapat menunjang tingkat artikel kita pada halaman awal google. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan menyisipkan kata kunci pada salah satu paragraf dalam artikel kita lalu tebalkanlah tulisan atau kata yang mengandung kata kunci tersebut. Contohnya membuat artikel tentang Menampilkan Blog Pada Halaman Awal Google, lalu kita menargetkan kata kunci dengan kata atau kalimat "Halaman Awal Google", maka kita dapat menyisipkan dalam paragraf seperti dibawah ini :
Blog akan mendapatkan banyak pengunjung dari google organik ketika blog kita tampil pada halaman awal google.
kalimat yang bercetak tebal adalah teknik SEO on page yang kita buat. Dengan begitu kita sudah memahami teknik SEO dasar. Namun dalam menyisipkan kata kunci tidak boleh berlebihan, karna google akan menganggap artikel kita adalah spam dan bisa diblok dari pencarian google. Saya menyarankan untuk menyisipkan kata kunci dalam 250 kata artikel anda. Untuk menghitung jumlah kata artikel, anda dapat mengikuti tutorial cara menghitung jumlah artikel.

2. SEO on Title

Teknik SEO yang kedua hanya menyisipkan kata kunci pada judul artikel atau membuat judul sama dengan kata kunci. Namun judul adalah faktor terpenting untuk menarik pembaca untuk mengunjungi artikel anda, oleh karna itu judul artikel haruslah unik. Unik bukan berarti mengabaikan kata kunci oleh karna itu kita harus tetap menyisipkan kata kunci pada judul artikel. Jika anda hanya membuat judul sesuai dengan kata kunci seperti :
Menampilkan Blog Pada Halaman Awal Google
coba anda bandingkan dengan judul yang menurut saya unik berikut ini :
20 Cara Agar Blog Tampil Pada Halam Awal Google
atau
Cara Cepat Menampilkan Artikel Pada Halaman Awal Google
Dengan membuat judul seunik mungkin dan tidak mengabaikan kata kunci akan mendapatkan nilai dimata pencarian google dan tentunya pengunjung anda. Saran saya adalah menggunakan judul yang membuat pengunjung penasaran dan sesuai dengan apa yang dicari pengunjung.

3. SEO on Link

Teknik yang berikut ini bisa dikatakan sangat mudah karna hanya memasang atau menempatkan kata kunci pada link artikel. Pada saat pencarian di google, kita pasti menemukan judul artikel yang kita cari dan kita juga pasti melihat link artikel dibawah judul artikel, oleh karna itu link artikel juga berpengaruh terhadap perayapan google pada artikel kita. Cara menerapkan kata kunci pada artikel sangat mudah anda hanya menaruh kata kunci setelah nama blog anda atau gunakan edit tautan permanen bagi pengguna blogger. Lihat contoh dibawah ini :
http://carajeffri.blogspot.com/2016/07/halaman-awal-google.html
Kalimat yang saya garis bawahi adalah kata kunci yang saya sisipkan. Kata kunci haruslah sama pada satu artikel tidak boleh berbeda agar semua kata kunci saling mendukung dan berhubungan.

4. SEO on Template

Template adalah wajah dari blog, namun memiliki banyak fungsi dibalik template tersebut. Salah satunya adalah meta tag yang berfungsi sebagai SEO. pada halaman edting template kita dapat melihat source code yang bernama META TAG. Pada meta tag ini kita dapat menyisipkan kata kunci sesuai dengan niche/topik blog kita. Namun dapat juga menyisipkan kata kunci sesuai dengan artikel hanya saja harus memahami source code dari template. Berikut meta tag dasar yang saya ketahui :
<meta name="description" content="tentang blog juga bisa kata kunci artikel" /> <meta name="keywords" content="Kata kunci artikel atau blog" /> <meta name="robot" content="noindex, nofollow"> <meta name="language" content="english">
Juga dapat diterapkan pada Blogger dengan meta tag berikut ini :
<meta content='author' name='author'/>
<meta content='document' name='resource-type'/>
<meta content='en' name='language'/>
<meta content='IN' name='country'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='index,follow,snipet' name='googlebot'/>
Namun sebenarnya meta tag sudah tersedia sebelumnya jika anda menggunakan web instant atau blogger. Anda hanya perlu melengkapi kekurangan yang ada pada meta tag yang sudah tersedia.

5. SEO Factor

SEO tidak akan sempurna tanpa beberapa faktor yang mendukung teknik SEO itu sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi teknik SEO, di antaranya adalah Backlink, SERP Google, Jumlah site linkin dan beberapa faktor lainnya. Dengan menerapkan beberapa faktor pendukung teknik SEO sangat menjamin artikel dapat tampil pada halaman awal google.

Faktor yang mendukung teknik SEO dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Backlink
Adalah website atau blog yang menaruh link blog/artikel anda pada blog atau website mereka. Backlink secara original adalah orang yang dengan sengaja megambil artikel kita dan menuliskannya pada blog mereka namun tetap menuliskan link yang menuju blog kita. Hal ini sudah dibaca satu backlink dan anda juga dapat mendapatkan backlink dengan menuliskannya pada blog lain dengan cara blogwalking. 

Blogwalking adalah mengunjungi beberapa blog lalu menuliskan komentar positif dan menawarkan untuk mengunjungi blog anda dengan menuliskan alamat blog pada kolom komentar. Selain itu backlink juga anda dapatkan dari blog-blog yang disediakan oleh portal-portal berita ternama seperti detik, viva, kompas, dan yang lainnya. Dengan mendaftarkan diri pada blog tersebut lalu menuliskan artikel serta melampirkan alamat link kita pada blog tersebut dapat membangun jumlah backlink kita.

2. SERP Google
Adalah ranking artikel kita di google SERP, anda dapat mengunjungi situs pengecekan ranking google dengan mengetik Checker SERP pada pencarian google, anda dapat menggunakan salah satu tools dari banyak tools yang tersedia. Ketahuilah jika ranking page kita tinggi pada google maka akan sangat membantu artikel kita tampil pada halaman awal google.

3. Domain
Adalah nama blog kita dan yang menjadi faktornya adalah usia dari domain itu sendiri, sudah berapa lama domain itu di buat akan mempengaruhi teknik SEO kita. semakin tua usia domain maka akan semakin bagus untuk teknik SEO kita.

4. Pengunjung
Adalah faktor yang berpengaruh jika jumlahnya sangat banyak. Namun mana mungkin artikel baru bisa langsung dapat banyak pengunjung dari pencarian google sedangkan artikel berada pada halaman puuhan di google. Oleh sebab itu carilah pengunjung dari media sosial untuk menunjang teknik SEO kita pada pencarian google.

5. Content
Adalah nyawa dari blog, berpengaruh jika content itu original, fresh dan masih baru di algoritma google. Jika google menemukan content seperti ini maka kemungkinan besar sangat cepat artikel kita dapat tampil pada halaman awal google.

6. Kata Kunci
Adalah faktor yang terpenting dari sebuah artikel untuk dapat tampil pada halaman awal google. Pemilihan kata kunci yang tepat sangatlah penting, namun tidak mudah menganalisa pencarian pengguna internet di indonesia. Tapi setidaknya ada tool yang dapat digunakan yaitu Google Planner dapat anda ketahui caranya disini.

Teknik SEO hanya diterapkan jika artikel anda memiliki topik yang sama dengan ribuan artikel lainnya. Anda tidak perlu menggunakan teknik ini jika memiliki artikel yang seratus persen berbeda dari yang lainnya. Karna setelah artikel anda terindex oleh google, lalu anda mencari kata kunci sesuai dengan artikel anda maka artikel anda sudah pasti berada pada halaman pertama bahkan jika tidak ada kesamaan dengan artikel yang lainnya artikel anda akan tampil sendiri dihalaman pencarian google.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tampil Pada Halaman Awal Google Dengan Teknik SEO"

Post a Comment