3 Cara Agar Blog Tampil Pada Halaman Pertama Google

Halaman Pertama Google

Hallo sobat blogger, kembali lagi kita Nge-Blog bareng bersama Carajeffri.blogspot.com  dimana kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya agar blog kita itu bisa tampil pada halaman pertama google.

Kenapa harus halaman pertama google?

Karna halaman pertamalah yang sering dilihat oleh pengunjung google, dan jika mereka tidak menemukan yang mereka cari barulah membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa tampil pada halaman pertama google?

Itu yang akan kita bahas pada postingan kali ini, dengan Nge-Blog Bareng tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang tidak bisa dan tidak ada yang susah jika ada kemauan, hehehe. Pada awalnya memang semua yang kita belum ketahui sangatlah sulit untuk melakukannya, bukan begitu sobat ? Namun semua akan indah toh pada waktunya, begitu juga ketika blog kita tampil dihalaman pertama website pencarian nomer satu di dunia yaitu Google. Baiklah cukup sudah basa basinya, sekarang kita jabarkan caranya agar blog tampil pada halaman pertama google.

3 Cara Agar Blog Tampil Pada Halaman Pertama Google

1. Menggunakan Google Search Console

Google telah menyediakan semua yang sobat blogger butuhkan, kenapa kita tidak memanfaatkannya, karna terkadang tidak semua yang di berikan google tidak bisa kita gunakan kalau belum kita pelajari sedetail mungkin, bukan begitu sob? Untuk menggunakan Google Tools mungkin sedikit rumit namun di jamin work sodara-sodara. Berikut tutorialnya :
  • Login dahulu pada gmail.
  • Setelah itu masuk pada halaman Google Search Console  <=== klik dsini
  • Jika sudah pernah daftar maka akan langsung masuk pada halaman dashboard, jika belum pernah maka sobat dapat daftar dengan memilih sign up dengan email sobat.
  • Pilihlah website atau blog yang akan sobat kelola.
  • Pada menu bagian kiri pilihlah Craw => Sitemap dan klik pada button Add/Test Sitemap.
  • Pada kolom ketiklah "sitemap.xml" tanpa tanda kutip.
  • Lalu terakhir klik button Submit.
  • Maka pada bagian bawah terlihat status index masih Pending, itu berarti sobat harus menunggu hingga blog sobat selesai diverifikasi oleh pihak google, karna robot google akan menelusuri semua isi dari blog sobat.
Dalam waktu satu atau dua hari blog sobat akan terindex oleh google dan itu jika blog sobat tidak ditemukan error oleh robot google. Untuk mengetahui bawha blog sobat sudah terindex google sobat dapat menlihat pada bagian proses tadi yang berstatus masih Pending akan berubah menjadi tanggal dimana blog sobat sudah terindex. Cara lain yaitu dengan mencoba mencari pada mesin pencarian google, dengan mengetik :
  • Site:namablog.blogspot.com ( ketik " Site titik dua lalu nama blog sobat " )
  • langsung mengetik URL pada mesin pencarian google.
Jika blog sobat tampil, maka blog sobat sudah terindex oleh google, dan jika muncul error berarti blog sobat masih dalam proses penelusuran oleh robot google.

Baca Juga : 3 Cara Melihat Jumlah Pengunjung Blog

2. Menggunakan Google Planner

Setelah sobat selesai dengan google search console untuk mengindexkan blog ke google, lalu bagaimana caranya untuk tampil pada halaman pertama saat orang lain mencari sesuatu yang berhubungan dengan niche blog sobat ? Gunakan optimasi keyword yang juga sudah di sediakan oleh google, wah baik banget mbah google nih semua disediakan dengan sempurna, hahaha. Untuk optimasi keyword kita dapat menggunakan Google Planner, dimana berfungsi untuk melihat keyword yang sering digunakan oleh pengguna google. Dengan begitu kita bisa menyusun beberapa keyword menjadi satu untuk kita pasangkan pada blog atau postingan blog kita. Bagaimana cara menggunkan Google Planner, berikut caranya :
  • Masuk pada Google AdWord <=== klik disni
  • Lalu login dengan menggunakan gmail sobat.
  • Pada menu di atas terlihat ada 5 menu pilihlah Alat atau Tools ==> Perencanaan Kata Kunci atau Keyword Plan
  • Kemudian pilihlah "Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori"
  • Pada kolom "produk atau layanan anda" anda ketikkan kata kunci yang akan anda buat.
  • Lalu pada kolom "Penargetan" anda pilih atau rubah menjadi indonesia jika anda ingin menguasai kata kunci untuk bahasa indonesia.
  • Terakhir klik button "Dapatkan Ide", maka google planner akan menamplkan semua kata kunci yang pernah di cari oleh pengguna google.
  • Carilah kata kunci yang memiliki nilai persaingan rendah namun memiliki nilai pencarian rata-rata yang tinggi, dengan begitu sobat akan dapat tampil pada halaman pertama google dengan mudah karna tingkat persaingan yang rendah.
Temukanlah beberapa kata kunci yang berpotensi dicari oleh pengunjung google, lalu anda gabungkan menjadi satu judul untuk postingan anda. Dengan begitu dipastikan postingan anda akan muncul pada halaman pertama google saat pencarian oleh pengunjung google.

Baca Juga: Optimasi Menggunakan Anchor Text

3. Menggunakan Keyword Optimasi

Keyword optimasi merupakan salah satu cara yang juga sangat berperan penting untuk menampilkan blog anda pada halaman pertama google, karna dengan keyword optimasi postingan yang anda buat lebih SEO friendly dimata google sehingga membuat postingan blog anda akan berada pada halaman pertama google.Untuk melakukan keyword optimasi ini anda dapat melihat cara berikut ini :
  • Mulailah membuat sebuah postingan dengan judul yang telah anda ramu menggunakan Google Planner, dan dari judul ambilah 2 atau 3 kata yang sangat kuat untuk dijadikan kata kunci pada postingan blog anda.
  • Lalu 3 kata tadi gunakan pada setiap paragraf yang ada pada postingan anda.
  • Gunakan juga pada properti gambar yang ada pada postingan, letakkan pada title dan alt gambar. Hal ini juga dapat dilakukan pada caption gambar.
  • Pada Deskripsi penelusuran juga ditambahkan 3 kata kunci tadi.
  • Pada Tautan permanen atau URL postingan ketikan 3 kata kunci tadi dengan dipisahkan oleh tanda strip"-" tanpa spasi.
  • Pada label juga anda isikan dengan 3 kata yang tadi dan dipisahkan dengan tanda koma ","
Dengan begitu postingan blog anda sudah teroptimasi dengan keyword yang telah anda buat, dan jangan lupa untuk melakukan indexing terhadap google agar postingan anda tampil halaman pertama google. Semoga postingan ini bermanfaat buat sobat blogger dalam membangun blog sobat.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "3 Cara Agar Blog Tampil Pada Halaman Pertama Google"