5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!

5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!


Ada yang belum kenal dengan Pokemon GO? Game dari ciptaan Niantic yang sukses mendapatkan keuntungan besar ini sukses jadi trend baru bagi pecinta game android di dunia. Di Indonesia sendiri, walaupun belum secara resmi dirilis oleh pihak Niantic, tetapi sudah banyak Pokemon trainers yang dengan semangat memegang androidnya sambil berjalan keliling kota bermain Pokemon GO.

Kepopuleran Pokemon GO memang tak lagi membuatnya sekedar sebagai video game, melainkan sesuatu fenomena sosial. Sudah banyak peristiwa, tragedi, perubahan perilaku, hingga isu tentang politik yang muncul karenanya. Tak sedikit pula yang berujung tragis. Jika kita amati lebih lanjut, memang pada dasarnya banyak kerugian yang kamu dapatkan dengan turut terlibat dalam bermain game ini. Baik kerugian sosial maupun kerugian untuk diri Kamu sendiri.

Namun, Kami tidak bermaksud melarang anda untuk memainkannya, apalagi dengan tafsir konyol ala-ala tuduhan bahwasanya Pokemon artinya “Saya yahudi” dan sebagainya. Kami cuma ingin sedikit mengajak berpikir jernih untuk dapat melihat dan merenungkan kembali apakah aktivitas yang selama ini kita lakukan sangat berharga. Termasuk apakah Pokemon GO sebenarnya hingga seseru itu?

Dimulai dengan alasan yang paling kerap dilontarkan, Pokemon GO ini dianggap membahayakan keselamatan

5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!

Seiring dengan melonjaknya Kepopuleran Pokemon GO di dunia, hampir tiap hari kita mendengar berita tentang kecelakaan atau tragedi yang diakibatkan oleh Pokemon Go. Tentu ini sebenarnya juga permainan media massa sih. Dengan cara mendompleng ketenaran Pokemon GO, berita-berita buruk terkaitnya selalu diberitakan. Ini adalah suatu upaya untuk menjual kontroversi. Yah, tapi tak bisa dipungkiri kalau aktivitas game ini memang mengajak pemainnya untuk melakukan sesuatu yang membahayakan. Apalagi jika dimainkan secara tidak bertanggungjawab. Mulai dari kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena membagi fokus antara berkendara dan mencari Pokemon, hingga memberi celah modus melakukan beberapa aksi kriminal seperti pencurian dan penipuan.

Alih-alih terlihat keren sebagai Pokemon trainers, tetapi malah kamu malah terlihat seperti orang aneh saat mengelilingi komplek sambil pegang handphone 

5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!

Setelah Pokemon GO jadi populer di Indonesia, kamu tentunya sering menemukan banyak orang yang jadi fokus dengan ponselnya. Mereka berjalan keliling kompleks perumahan hingga jalan raya sambil memegangi ponselnya. Bagi pemain Pokemon, kamu pasti paham mereka sedang melakukan apa. Tapi bagi orang awam, Kamu justru terlihat bak zombie yang aneh! Alih-alih pingin keren layaknya Ash dan Pikachu, orang lain malah bakal ngetawain kamu. Masih beruntung juga jika nggak dikira maling atau orang yang akan berbuat jahat.

Banyak yang bilang Pokemon GO membuat para gamer menjadi lebih sering keluar rumah dan bersosialisasi. Apa benar?

5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!

Membuat kamu lebih sering keluar rumah sih pasti, karena itu tuntutan permainannya. Tapi kalau bersosialisasi? Belum tentu juga sih. Kalau Kamu amati mereka, terasa janggal juga ketika banyak orang berkumpul di suatu tempat, namun mata dan jari mereka hanya tetap terfokus pada ponsel masing-masing. Bahkan, isi dialog antara para pemain kebanyakan juga hanya seputar pokeball, pokemon, pokestop, gym dan sejenisnya. Walau secara fisik mereka ada di satu lokasi, namun komunikasi dan interaksi yang mereka lakukan sepertinya tetap terjebak dalam dunia digital.

Beralih ke game-nya sendiri, Pokemon GO sendiri belum sangat siap untuk diluncurkan secara masif. Hasilnya, aplikasi sering nge-bug dan server sering nggak kuat

5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!

Kamu pasti sering melihat pemain Pokemon GO marah-marah. Alasannya sederhana. Karena memang Pokemon GO sebenarnya masih banyak bug-nya. Hasilnya adalah masih adanya crash yang terjadi pada saat game dijalankan. Entah waktu log-in, saat kamu menangkap Pokemon hingga crash pada saat kamu tidak bisa memutar PokeStop! Disamping itu, server yang belum sanggup menerima banyak pemain jadi kendala tersendiri. Server yang sering down membuat para pemain jadi emosi sendiri karena gak bisa memainkan game favoritnya ini.

Meski punya fitur “battery saver”, tetapi tetap saja aplikasi ini menguras baterai. Dalam jangka panjang, ini akan merusak baterai handphone mu

5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!

Aplikasi yang satu ini benar-benar menguras baterai dan berpotensi merusak jika aplikasi digunakan dalam waktu lama. Ini adalah ancaman yang nyata. Memang sih dalam aplikasi Pokemon GO memiliki fitur yang dapat menghemat baterai "Battery Saver" yang memang diharapkan bisa mengurangi pemakaian baterai selama aplikasi berjalan, tapi sejujurnya fitur ini belum banyak membantu. Yang sering terjadi adalah aplikasinya crash dan tidak stabil saat fitur tersebut diaktifkan. Ini sih malah bikin smartphone-mu cepat rusak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Alasan Berikut Ini, Membuat Kamu Tinggalkan Pokemon GO!"

Post a Comment