Cara Hosting Web Menggunakan Filezilla

Hosting Web

Untuk menggunakan Filezilla sangatlah mudah sekali, dengan beberapa kali klik anda sudah dapat hosting website yang anda miliki. Hanya saja dengan menggunakan filezilla waktu anda bergantung pada banyaknya file website yang akan anda hosting. Berikut cara hosting web menggunakan filezilla :

1. Persiapkan File Yang Akan di Hosting

Tentunya file yang akan di hosting haruslah sudah disediakan dengan lengkap dan sudah di atur setiap foldernya, agar saat anda hosting tidak mengalami error saat website anda akses.

2. Persiapkan Hosting Anda

Untuk hosting web tentunya anda harus memiliki domain dan hosting itu sendiri. Jika anda belum memiliki hosting anda dapat menghubungi saya di contact us untuk memesan hosting.

3. Aplikasi Filezila

Bagi anda yang sudah memiliki aplikasi filezilla silahkan di aktifkan aplikasinya, dan bagi anda yang belum memiliki aplikasinya silahkan download disini.

4. Koneksi Fillezilla Dengan Hosting

Ini bagian yang terpenting dari proses ini yaitu mengkoneksikan aplikasi filezilla dengan hosting yang anda miliki. Berikut ini cara pengisian form yang ada pada aplikasi filezilla :

  • Host : Di isi dengan nama hosting anda pada cpanel contoh: cpanel.namadomain.com
  • Username  : Di isi dengan nama user anda untuk login cpanel.
  • Password : Di isi dengan password anda untuk login cpanel.
  • Port : dikosongkan saja
Setelah semua form terisi anda klik quickconnect untuk langsung mengkoneksikan filezilla dengan cpanel anda. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih lengkap lagi.

Hosting Web

5. Memindahkan File Dari Local site ke Remote site

Pada aplikasi fillezilla kita di suguhkan dengan tampilan berbagai macam kolom, disana terbagi menjadi 6 kolom dimana :
  • Kolom 1 adalah kolom untuk menampilkan proses yang sedang berlangsung pada aplikasi dari awal proses koneksi hingga akhir koneksi.
  • Kolom ke 2 adalah kolom local site dimana tempat file kita yang tersimpan di hardisk. Namun dikolom ini semua berbentuk root, sedangkan pada kolom dibawahnya sama dengan kolom ke 2 yaitu file yang disimpan pada hardisk namun berbentuk list.
  • Kolom ke 3 adalah kolom remote site yaitu file kita yang ada pada server hosting yang kita miliki. sama seperti kolom ke 2, kolom ini berbentuk root sedangkan kolom dibawahnya berbentuk list.
  • kolom terakhir adalah kolom untuk menampilkan transfer data yang sukses dan transfer data yang gagal.
Untuk memindahkan file website, anda dapat mencari dahulu file anda pada local site dan pada remote site anda persiapkan folder tempat anda akan meindahkan file anda. Jika semua sudah disiapkan, anda dapat melakukan drag pada file yang akan dipindahkan dari local site ke folder remote site yang telah di sediakan. Atau anda dapat menggunakan klik kanan dan memilih upload untuk dapat memindahkan file anda.


Blog Tutorial :






Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Hosting Web Menggunakan Filezilla"